Rabu, 19 Maret 2008

KOMPOSITE


Material Komposit (Composite Materials)
Komposit adalah suatu material yang terbentuk dari kombinasi dua atau lebih material, dimana sifat mekanik dari material pembentuknya berbeda-beda. Dikarenakan karakteristik penyusunnya berbeda-beda, maka akan dihasilkan material baru yang mempunyai sifat mekanik dan karakteristik yang berbeda dari material-material pembentuknya.
Komposit tersusun dari dua jenis material yang berbeda, yaitu:
1.Penguat (reinforcement), yang mempunyai sifat kurang mudah dibentuk (ductile) tetapi lebih kokoh (rigid) serta lebih kuat.
2.Matriks, umumnya lebih mudah dibentuk (ductile) tetapi mempunyai kekuatan dan tingkat rigiditas yang lebih rendah.
Secara garis besar ada 3 macam jenis komposit berdasarkan penguat yang digunakannya, yaitu:
1.Fibrous Composites ( Komposit Serat )
Merupakan jenis komposit yang hanya terdiri dari satu lamina atau satu lapisan yang menggunakan penguat berupa serat (fiber). Serat yang digunakan berupa glass fibers, carbon fibers, aramid fibers (polyaramide) dan masih banyak yang lainnya. Serat ini dapat disusun secara acak maupun dengan orientasi tertentu, bahkan dapat pula dalam bentuk yang lebih kompleks seperti anyaman.

2.Laminated Composites ( Komposit Laminat )
Merupakan jenis komposit yang terdiri dari dua lapis atau lebih yang digabung menjadi satu dan setiap lapisnya memiliki karakteristik sifat sendiri.

3.Particulalate Composites ( Komposit Partikel )
Merupakan komposit yang menggunakan partikel/serbuk sebagai penguatnya dan terdistribusi secara merata dalam matriksnya.

Tidak ada komentar: