Rabu, 19 Maret 2008

Metode Dalam Pembuatan Produk Menggunakan Material Komposit

1.Pencetakan Semprot (spray lay-up), prosesnya adalah sebagai berikut :
Memotong serat (fiber) yang akan digunakan sebagai penguat, kemudian diumpankan kedalam penyemprot resin berkatalis secara langsung pada permukaan cetakan. Membiarkannya mengeras pada kondisi atsmosfer standar.
Aplikasi : panel-panel, bodi karavan,bak mandi, sampan.

2.Pencetakan Tangan (Hand Lay-Up), prosesnya ialah:
Menuang resin dengan tangan kedalam serat berbentuk anyaman, rajuan atau kain, kemudian memberi takanan sekaligus meratakannya menggunakan rol atau kuas. Proses tersebut dilakukan berulang-ulang hingga ketebalan yang diinginkan tercapai. Membiarkannya mengeras pada kondisi atmosfir standar. Aplikasi : pembuatan kapal, bodi kendaraan, bilah turbin angin.

3.Pengemasan Vakum (vacuum bagging), prosesnya sebagai berikut :
Dengan menutupi lapisan pencetakan basah dengan film plastik, udara di bawah kemasan dikeluarkan dengan pompa vakum bertekanan.
Aplikasi : pembuatan kapal pesiar, komponen mobil balap.

4.Pultrusion, prosesnya adalah sebagai berikut :
Penarikan serat dari suatu jaring atau creel melalui bak resin, kemudian dilewatkan pada cetakan yang telah dipanaskan. Fungsi dari cetakan tersebut ialah mengontrol kandungan resin, melengkapi pengisian serat, dan mengeraskan bahan menjadi bentuk akhir setelah melewati cetakan.
Aplikasi : Batang digunakan pada struktur atap, jembatan.

5.Cetakan Pemindah Resin (Resin Transfer Moulding)
Proses ini memerlukan penyesuaian dalam pencetakan. Dengan cara, serat penguat dipotong dan dibentuk sedemikian rupa sesuai dengan bentuk yang diinginkan kedalam cetakan. Cetakan ditutup lalu resin dan katalis disemprotkan melalui pompa kedalamnya. Ketika cetakan sudah terisi penuh dengan resin dan katalis pemompaan dihentikan, dan produk telah terbentuk.

Tidak ada komentar: